Friday, May 18, 2012

Tutorial PHP Dasar : Tutorial Pengulangan FOR pada PHP

pada tutorial kali ini cucurIT akan melanjutkan tutorial php dasar, pada tutorial sebelumnya cucurIT sudah menjelaskaan tentang Menggunakan fungsi Switch pada PHP, pada tutorial dasar ini kita akan belajar tentang Pengulangan FOR pada PHP.

sebelumnya cucurIT ingin mengingat-ingatkan masa kecil kita dulu. :D
Kalian ingat waktu jaman SD dulu ketika kita berbuat nakal, guru kita sering menghukum kita dengan menyuruh kita menulis sebuah kalimat yang sama, yaitu perjanjian agar kita tidak nakal lagi berulang-ulang sampai berlembar-lembar.!
rasanya itu sangat membosankan dan juga melelahkan.
begitu juga pada saat kita membuat aplikasi, misalkan kita akan membuat aplikasi untuk menampilkan kalimat saya tidak akan nakal lagi sebanyak 5 kalimat dengan cara manual.
<?php
    echo "1 Saya tidak akan nakal lagi<br>";
    echo "2 Saya tidak akan nakal lagi<br>";
    echo "3 Saya tidak akan nakal lagi<br>";
    echo "4 Saya tidak akan nakal lagi<br>";
    echo "5 Saya tidak akan nakal lagi<br>";
?>

jika dijalankan aplikasi tersebut akan menghasilkan kalimat "Saya tidak akan nakal lagi" sebanyak 5 kalimat. tentu saja dengan cara manual seperti itu kita masih bisa melakukannya dengan cepat, tapi bagaimana jika kita harus menampilkan kalimat tersebut sampai 100,1000 atau mungkin sejuta??
solusinya adalah kita harus menggunakan pengulangan.

Pada dasarnya terdapat tiga jenis Pengulangan yang paling sering digunakan dalam PHP.
yaitu bentuk FOR, bentuk WHILE dan bentuk DO WHILE. 

tapi untuk kali ini cucurIT hanya akan membahas pengulangan bentuk FOR, untuk WHILE dan DO WHILE akan dijelaskan pada tutorial PHP dasar selanjutnya.
langsung saja kita mulai tutorial php dasar kita tentang pengulangan FOR pada PHP.

struktur dari pengulangan FOR adalah sebagai berikut :
for (init_awal, kondisi, counter) {
statement-yang-diulang;
}
*Ket :
init_awal merupakan inisialisasi atau nilai awal variable.
kondisi merupakan statemen kondisi yang akan membatasi perulangan.
counter merupakan pertambahan atau pengurangan nilai variabel sehingga perulangan tetap berjalan.


berikut adalah Implementasinya untuk menampilkan kalimat saya tidak akan nakal lagi sebanyak 100 kalimat  :
<?php
  for($no=1; $no<=100; $no++)
  {
   echo " $no saya tidak akan nakal lagi<br>";
  }
?>
hasilnya kita akan mencetak kalimat "Saya tidak akan nakal lagi" sebanyak 100 kali.
penjelasannya.
pada baris ke dua $no=1 itu adalah variabel $no bernilai awal 1. dilanjut pada $no<=100 itu adalah kondisi untuk menyatakan bahwa jika variabel kurang atau sama dengan 100 makan program akan mengulang terus, sedangkan $no++ itu adalah menambahkan nilai variabel awal ditambah 1 dan seterusnya sampai nilai variable =100.


kita coba contoh selanjutnya.
<?php
    for($x=1; $x<=100;$x+2)
   {
   echo "Angka $x<br>";
   }
?>

pada contoh ini terlihat perbedaan pada $x+2, variabel awal akan ditambah 2.
cobalah kalian peraktekan biar lebih cepat memahaminya...



Oke mungkin cukup tutorial dasar pada artikel kali ini yaitu Pengulangan FOR pada PHP, semoga bermanfaat untuk kita semua. Silakan di komentari tutorial ini, Karena Komentar kalian dapat membantu saya untuk terus membuat artikel dan tutorial yang lebih baik lagi.
Terima Kasih buat seluruh pengunjung blog ini.

Bye-bye "Happy Coding & happy Blogging ^__^"






By SerbaSerbi DuniaIT with No comments

Silakan Berikan Komentar Melalui akun Facebook atau Email Kalian

0 comments:

Post a Comment

    • Popular
    • Categories
    • Archives