Thursday, October 4, 2012

Tutorial Membuat Logo STT-PLN menggunakan Coreldraw

Halo kawan cucurIT, sebelumnya gue mohon maaf banget karena udah lama gue gak update ini blog. soalnya gue lagi sibuk membuat aplikasi untuk skripsi gue, doain yah kawan skripsi gue bisa cepet selesai... ^_^.
kali ini gue buat sebuah tutorial desain grafis,  tutorial gue ini gue buat dalam rangka tugas dari matakuliah Desain Grafis yang mengharuskan gue untuk buat logo kampus gue berikut langkah-langkah pengerjaannya. 

membuat desain logo stt-pln dengan coreldraw

Sekalian aja gue posting disini, kali aja ada kawan-kawan setia cucurit yang pengen belajar buat logo menggunakan coreldraw. kalau kata pepetah mah sambil menyelam minum air, nah klo cucurit tugas selesai, blog terupdate... hehee
oke, dari pada kalian nanti bosen denger ocehan gue langsung aja kita mulai tutorialnya...

1. Buka Aplikasi CorelDraw nya, disini saya menggunakan coreldraw x4.


2. Buat sebuah lingkaran dengan menggunakan ellipse tool.
3. Seleksi lingkaran tersebut, lalu klik menu Arrange > Convert to curves untuk merubah objek lingkaran menjadi bentuk kurva.


4. Buat contour tipe Outside 1 dengan nilai Contour Offset: 1,0 mm dan Contour Step: 2, lihat gambar.
Setelah di Contour hasilnya akan seperti  gambar dibawah ini.

5. Setelah itu Klik menu Arrange > Break Contour Apart untuk memisahkan objek dengan contour-nya. Kemudian klik icon Ungroup All.

 6. Sekarang gambar lingkaran tersebut sudah terpisah menjadi 3 bagian. Kemudian beri warna pada lingkaran pertama dengan warna putih, lingkaran kedua dengan warna silver dan lingkaran ketiga dengan warna biru. Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

 7. Selanjutnya kita akan membuat gambar bentuk buku yang ada di tengah logo. Buat sebuah kotak persegi panjang dengan menggunakan Rectangel Tool, kemudian klik kanan gambar persegi panjang tersebut, lalu klik Convert to curves. Setelah itu gunakan Shape Tool untuk merubah bentuk persegi tersebut menjadi bentuk sebuah buku.

Setelah di kita rubah gambar persegi tersebut menggunakan Shape Tool, Kurang lebih hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


 8. Selanjutnya membuat objek api yang berada diatas buku, cara membuatnya kurang lebih hampir sama pada saat membuat objek buku diatas, yaitu menggunakan sebuah persegi panjang, kalau buku menggunakan persegi panjang kesamping, kali ini kita menggunakan persegi panjang kebawah, lalu kita convert to curves. Lalu gunakan Shape tool untuk memodifikasi seperti bentuk api. Hasil nya seperti gambar dibawah ini.

 9. Kalau sudah jadi objek api-nya copy objek api tersebut sehingga menjadi 3 buah, dan beri warna ketiga objek tersebut dengan warna yang berbeda, *jangan lupa garis tepi yg berwarna hitamnya dihilangkan. hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini.

 10. Sekarang kita tinggal beri objek listrik yg ada di tengah buku dan memberi tulisan STT-PLN, untuk membuat objek listrik kurang lebih sama seperti pada saat kita membuat objek api, sedangkan untuk membuat tulisan kita gunakan Text Tool. Setelah semunya selesai hasil akhirnya seperti gambar dibawah ini. 

SELESAI, bagaimana tutorialnya??? kalau masih ada yang bingung jangan segan-segan bertanya, silakan langsung bertanya melalui kolom komentar di bawah postingan ini.
semoga tutorial sederhana ini berguna buat kalian semua. sampai jumpa pada artikel selanjutnya...
Bye.bye..

*pemberitahuan : mohon maaf jika pada hasil langkah 9 dan hasil akhirnya diberi tulisan @anggamuamar & Contoh. tulisan itu sengaja saya buat, agar teman-teman yang sama-sama sedang mengerjakan tugas membuat logo ini tidak hanya sekedar kopi paste, tapi mencoba membuat sendiri dengan langkah2 yang sudah saya jelaskan diatas. terimakasih.

By SerbaSerbi DuniaIT with 6 comments

Silakan Berikan Komentar Melalui akun Facebook atau Email Kalian

6 comments:

kllo pake video yang narik2 pas pake shape tool'a tambah keren pasti gan hehehe

kalo bikin tutorial yang bener!!! tu bikin bukunya gimana caranya?? jelasin sedetail mungkin!!!

Terima Kasih Pak Atas tutorialnya ..
artikel yang sangat bagus ..

@edwin : lain kali ane buat video tutornya deh gan... :D

@anonymous: untuk buat bukunya, gunain shape tool gan.


@eghyR01 : sama2 gan. tapi jangan panggil bapak yah, soalnya saya masih mahasiswa... hehe

Post a Comment

    • Popular
    • Categories
    • Archives