Friday, March 1, 2013

Leonard Kleinrock " Penemu Internet "

Penemu Internet
Leonard Kleinrock (Bapak Internet)
Leonard Kleinrock adalah seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang disebut sebagai Bapak Internet. Ia membuat kontribusi penting beberapa bidang jaringan komputer, khusus untuk sisi teoritis jaringan komputer.
Leonard Kleinrock dikenal karena kontribusinya dalam dunia jaringan. Karyanya yang paling terkenal dan signifikan adalah teori pertukran paket melalui makalahnya pada tahun 1959 dan pada tahun 1961 tentang perturan paket dalam kaitannya dengan paket teknologi.
Kleinrock lahir pada tanggal 13 juni 1934 dikonta New York, ia lulus dari Bronx High School of Science pada tahun 1951 dan menerima gelar Sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer 1957 dari City College of New York.
Pada tahun 1959 dan 1963, ia mendapatkan gelar master dan doktor (Ph.D) di bidang teknik elektro dan ilmu komputer dari Institut Teknologi Massachussetts. Setelah menyelesaikan pendidikan ia kemudian bergabung , dengan fakultas di Universitas California di Los Angeles (UCLA), Sekolah Teknik dan Sains terapan dimana ia bekerja disana sebagai Profesor Ilmu Komputer.
Pada tanggal 29 Oktober 1969 ia menciptakan salah satu penemuan terbesar menjelang abad modern yaitu internet yang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. beliau pun adalah salah satu pelopor jaringan komunikasi digital, dan membantu membangun ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).
Kleinrock telah menerima banyak pengharigaan. beliau di pilih untuk menerima penghargaan bergengsi yaitu Nasional Of Science, sebuat kehormatan ilmiah bangsa, dari Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008. mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science dalam memberikan kontribus fundamental kepada teori matematika jaringan modern, dan untuk spesifikasi fungsional switching paket, yang merupakan dasar teknologi internet generasi mentoring.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Leonard_Kleinrock

By SerbaSerbi DuniaIT with No comments

Silakan Berikan Komentar Melalui akun Facebook atau Email Kalian

0 comments:

Post a Comment

    • Popular
    • Categories
    • Archives