Saturday, August 25, 2012

Antara Kreatifitas, perusahaan teknologi dan Hak Paten

sudah tak asing lagi terdengar persaiangan antar perusahaan teknologi yang saling serang hak paten.
sebagai pengguna produk dari perusahaan teknologi yang sedang saling perang hak paten tersebut memang tak akan terlihat jelas oleh para pengguna(konsumen) dalam arti lain, pengguna tidak akan merasa dirugikan dari perang paten tersebut.
tapi sebenarnya peperangan paten tersebut sangat lah berdampak cukup besar bagi kita sebagai pengguna produk yang dihasilkan oleh mereka (perusahaan teknologi tersebut).
peperangan tersebut akan membuat pertumbuhan produk-produk yang kreatif berkurang, karena perusahaan akan sangat berhati-hati dalam membuat
suatu produk agar tidak melanggar hak paten dari perusahaan pesaing nya sehingga konsumen tidak punya banyak pilihan dalam memillih produk yang akan digunakan.
kasus yang paling heboh belakangan ini adalah persaingan antar dua perusahaan besar dibidang teknologi, yaitu Apple dan Samsung.
sering kita lihat dari persaingan itu, salah satu perusahan tersebut tidak dapat memasarkan produknya. alasannya karena dalam produk tersebut terdapat teknologi yang hak paten nya dimiliki oleh pesaingnya. dampak dari hal itu ialah konsumen tidak bisa menikmati produk tersebut padahal produk tersebut sangat ditunggu oleh para konsumen.
secara garis besar, menurut pandangan cucurIT peperangan hak paten tersebut bukan hanya merugikan perusahaan yang terlibat melainkan juga para konsumen yang ingin merasakan produk yang telah dibuat oleh perusahaan teknologi tersebut.
itulah garis besar dampak dari perang paten menurut cucurIT, kalau menurut kalian bagaimana ???
yuk sharing bareng disini..!!!

By SerbaSerbi DuniaIT with 3 comments

Silakan Berikan Komentar Melalui akun Facebook atau Email Kalian

3 comments:

Sebagai konsumen, saya setuju dengan pendapat penulis.

Disisi lain, kita juga menghargai dan menjunjung tinggi kreatifitas pihak yang sudah membuat suatu produk. Hanya saya kurang setuju apabila kekuatiran akan adanya patent pihak tertentu mengurangi kreatifitas, takut hasil produknya dianggap menjiplak.

sebenarnya ga ada yang salah. di zaman sekarang ini susah cari karya yang benar2 original.
pasti terinspirasi dari sesuatu.

Post a Comment

    • Popular
    • Categories
    • Archives