Monday, December 9, 2013

GOOGLE DOODLE Mengenang Ulang Tahun Grace Hopper yang Ke 107 Tahun

Google Doodle - Ulang Tahun Grace Hopper ke 170 tahun
Google Doodle - Grace Hopper's 170th Birthday

Gambar Logo Google pada mesin pencari atau biasa disebut Google Doodle kali ini tepatnya 9 Desember 2013 adalah logo yang mengilustrasikan dalam rangka mengenang Hari ulang tahun ke-107 Grace Murray Hopper.

Grace Murray Hopper adalah ilmuwan komputer asal Amerika Serikat. Dia juga merupakan seorang Laksamana Angkatan Laut AS.

Perempuan kelahiran 9 Desember 1906 itu merupakan salah satu programer pertama untuk komputer Harvard Mark I. Dia juga merupakan pelopor bahasa pemograman komputer. Dia mengonsepkan kode bahasa program independen untuk mesin yang berujung pada pengembangan COBOL, salah satu bahasa program modern pertama.

Dia juga disebut sebagai orang yang memopulerkan istilah debugging untuk menghilangkan masalah pada komputer. Berkat prestasinya di dunia komputer dan pangkatnya yang tinggi di AL AS, dia kerap dijuluki sebagai Amazing Grace.

Namanya pun kemudian diabadikan sebagai nama kapal perang milik Angkatan Laut AS yakni USS Hopper (DDG-70). Di bidang komputer, nama Hopper juga diabadikan untuk superkomputer milik NERSC (National Energy Research Scientific Computing Center) dan ruangan di Chalmers University of Technology di Gothenburg, Swedia.

Grace Hopper meninggal pada 1 Januari 1992 di Virginia, AS, dalam usia 85 tahun. Sepanjang hidupnya, Hopper menerima sekitar 40 gelar kehormatan dari berbagai universitas di seluruh dunia.


sumber : google dan wikipedia

By SerbaSerbi DuniaIT with No comments

Silakan Berikan Komentar Melalui akun Facebook atau Email Kalian

0 comments:

Post a Comment

    • Popular
    • Categories
    • Archives