Monday, April 16, 2012

Telkom Telah Meghadirkan eBay di Indonesia


Pertumbuhan jumlah pengguna internet yang kian meningkat didukung perekonomian Indonesia yang semakin membaik menjadikan internet pasar yang sangat potensial bagi pengembangan e-commerce di Indonesia. Memanfaatkan potensi ini, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) dan eBay sepakat melakukan kemitraan strategis melalui situs e-commerce Plasa.com
Menurut riset yang dilakukan oleh Frost & Sullivan, nilai total transaksi e-commerce di Indonesia pada 2011 diperkirakan mencapai US$ 1 miliar. “Hal tersebut menunjukan potensi pasare-commerce di Indonesia yang sangat besar, tetapi belum dikelola secara optimal sehingga kerjasama Telkom dan eBay ini dalam posisi yang tepat untuk menggarap potensi tersebut,” ujar Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah dalam keterangan tertulisnya, Senin 16 April 2012.

Senior Vice President eBay Asia Pasifik, Jay Lee meyakini relasi yang kuat  antara Telkom  dengan pelanggannya di seluruh Indonesia akan mendorong peningkatan aktivitas e-commerce di Indonesia. Kerjasama dengan Telkom juga ditunjang pengalaman eBay di pasar internasionalnya dan platform online market yang dimiliki eBay.

Pelaku UKM dapat mengirim produknya ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri melalui dukungan logistik yang telah disediakan. Kerjasama e-commerce akan meningkatkan pangsa pasar UKM secara signifikan. Konsumen semakin mudah dalam membeli barang dari individu dan penjual dari Indonesia, maupun barang dari eBay melalui Plasa.com.

Kemitraan ini menjadi bagian dari perubahan portofolio bisnis Telkom, dari informasi dan komunikasi menjadi TIME (Telkom Information, Media and Edutainment). Rinaldi menjelaskan dari tahun ke tahun kontribusi bisnis IME (Information, Media and Edutainment) terhadap revenue perusahaan terus meningkat. Sepanjang 2011, pendapatan data, internet dan layanan teknologi informasi mencapai Rp 23,92 triliun, naik 20,80% dibanding 2010 yang baru mencapai Rp 19,80 triliun.
Pendapatan layanan broadband sejalan dengan peningkatan pelanggan Speedy, Flash, dan BlackBerry dari Telkomsel menyumbang pertumbuhan Telkom. Melihat kecenderungan layanan data yang terus meningkat, pendapatan yang akan diperoleh dari layanan ini pada waktu mendatang diharapkan memberi kontribusi berarti terhadap pertumbuhan pendapatan Telkom Group.
“Kerjasama Telkom dengan eBay ini merupakan terobosan luar biasa bagi pelaku UKM atau siapa pun untuk berbisnis secara global dengan memanfaatkan platform eBay yang sudah terbukti berhasil,” ujar Rinaldi.

sumber: teknologi.vivanews.com/

By SerbaSerbi DuniaIT with No comments

Silakan Berikan Komentar Melalui akun Facebook atau Email Kalian

0 comments:

Post a Comment

    • Popular
    • Categories
    • Archives