Thursday, November 28, 2013

NSA Pernah Menyerang 50 Ribu Komputer, Bagaimana Mereka Melakukannya?


terbongkar rahasia National Security Agency
Kasus pengintaian yang dilakukan oleh intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA), dibongkar satu persatu oleh sang agen, Edward Snowden. Kali ini terungkap, salah satu praktiknya ialah menyerang 50 ribu komputer dengan cara menyebarkan virus malware.rahasia ini terbongkar dari salah satu dokumen yang dipublikasikan koran Belanda, NRC Handelsblad. Dari sekian banyak rahasia yang dibongkar, salah satunya ialah katagori CNE (Computer Network Exploitation), aksi NSA dalam menyebarkan malware.
Dokumen tersebut berbentuk Pdf dan memberikan informasi mengenai aktivitas jaringan NSA, yakni Computer Network Exploitation (CNE). Aksi penyebaran malware untuk CNE ini dijalankan oleh tim elite hacker NSA dalam unit Tailored Access Operations. Disebutkan, salah satu sasarannya adalah operator telekomunikasi di Belgia, yakni Belgacom. Di sini, malware akan menginfeksi jaringan dan mengeksploitasi data pelanggan operator yang menjadi targetnya. Washington Post juga mengatakan sekira 20 ribu jaringan pemerintahan di dunia diinfeksi oleh malware pada 2008. Dan empat tahun dari tahun tersebut malware diperkirakan mengalami pertumbuhan menjadi 30 ribu.
Malware disuntikkan oleh NSA melalui komputer pribadi dan jaringan server. Dan malware itulah yang akan bekerja mencuri seluruh data dari komputer yang terinfeksi. Bahkan tak hanya komputer, tetapi juga data-data sensitif yang ada pada server. 

Dalam keterangannya Snowden menjelaskan, malware yang ditanamkan oleh NSA juga disebut penanaman 'quantum'. Ini menguntungkan NSA karena dapat mengontrol dan mencuri data sekehendak hatinya secara remote dari jarak jauh. "Aksi penanaman (malware) ini seperti menanamkan 'sel tidur' yang suatu saat bisa diaktifkan dengan hanya satu tekanan tombol. 

Dalam kode sandi pengintaian NSA, terdapat kata 'necessary' (penting) yang juga berarti pada semua orang, kapanpun, dan dimanapun.



Dikutip dari : inet.detik.com dan techno.okezone.com

By SerbaSerbi DuniaIT with No comments

Silakan Berikan Komentar Melalui akun Facebook atau Email Kalian

0 comments:

Post a Comment

    • Popular
    • Categories
    • Archives